Thursday, October 09, 2003

ikhlas gak sih ??


minggu lalu liat2 rumahnya ita, trus liat tulisan tentang keikhlasan,
gue jadi nyadar kalo selama ini gue kayaknya "gak pernah" ikhlas deh kalo ngelakuin sesuatu...
gue masih sering ngelakuin sesuatu dengan sebelumnya mikir dulu "what will I get ?"
walopun gak secara langsung berpikir seperti itu, tapi pasti ada latar belakangnya kenapa gue ngelakuin satu hal, dan biasanya, lagi2 gue mikir timbal baliknya ke gue deh
anw, dulu di forum kampus gue, salah satu senior pernah nanya :
"is there something we've done sincerely ??"
dia bilang, gak ada !!
alasannya, apa pun yang dilakukan oleh seseorang pasti dia mengharapkan balasan ...
mahasiswa yang belajar mati2an sampe 3 hari gak tidur juga mengharap dapat nilai yang bagus utk ujiannya ...
pada saat kita menolong orang lain, kemungkinan di hati kita ada pengharapan untuk diperlakukan yang sama (ditolong) bila kita mengalami kesulitan satu saat nanti
bahkan, seorang yang bisa dibilang ulama pun melakukan sesuatu (e.g: beramal) tetap mengharapkan balasan, which so we called, pahala
padahal kan kalo liat di kamus, ikhlas = dengan tulus, tidak mengharapkan apa2 ...

lalu, kapan kita bisa dibilang ikhlas melakukan sesuatu ??

btw, buat yg ngerasa.. maaf yah, gue emang masih suka berharap timbal baliknya ke gue ...

No comments: