Monday, January 05, 2004

saatnya saling berbagi...


wiken ini gue stucked di rumah, buat ngilangin bosennya gue biasanya keluar rumah trus nongkrong bareng tukang ojek yang mangkal pas di depan rumah yg kebetulan tetangga gue semua...
sejak rumah gue pindah ke pinggir jalan (tadinya di dalam gang di daerah yang sama), gue jarang banget ngobrol ama tetangga2 gue yang rata2 seumuran ama gue ini.. soalnya gue males kalo nongkrong ama mereka karena mereka suka 'minum' gitu... tapi setelah mereka pada jadi tukang ojek dan gue pindah rumah, gue jadi makin sering ngobrol ama mereka..
anw, kemaren pagi pas lagi enak nongkrong gitu, pemilik bengkel sepeda di sebelah pangkalan ojek ini baru dateng dan buka bengkelnya (not exactly bengkel sih since di situ gak ada apa2 selain tumpukan ban2 bekas dan beberapa kunci)..
trus salah satu tukang ojek ini tiba2 minta rokok ke pemilik bengkel tadi... kira2 begini..

t.ojek : "eh, minta rokok dong..."
p.bengkel : "ya loe, loe kan udeh narik dari tadi sedangkan gue aja baru mo buka, masa loe minta rokok ama gue..."
t.ojek : "blom dapet setoran nih..."
p.bengkel : "nah, apa alagi gue..."
setelah beberapa kali minta, akhirnya si pemilik bengkel ngeluarin sebungkus rokok (yg isinya cuma satu batang doang)
p.bengkel : "nih, liat aja gue cuma punya 1 batang.. kalo ada sih gue kasih deh..."
t.ojek : "ya udeh buat gue aja deh.. ntar kalo gue dapet setoran gue ganti..."
akhirnya tuh rokok (yg cuma sebatang2nya) pindah tangan...
t.ojek : "ikhlas gak nih ??"
p.bengkel : "ya ikhlas gak ikhlas.. orang rokok cuma satu2nya.."
gue ama tukang ojek yang satunya lagi cuma ketawa doang... dan gak lama kemudian si pemilik bengkel ke warung di samping rumah gue trus beli kopi (yg dlm gelas plastik gitu) dan 2 batang rokok... kemudian dia jalan ke arah tukang ojek satunya (yg tadi ketawa bareng gue) sambil ngomong..
"nih, buat loe... ", sambil nyimpen 1 batang lagi buat dia sendiri...
yang dikasih bingung, "tadi dia *sambil nunjuk tukang ojek yg tadi minta rokok* minta susah banget loe ngasihnya, sekarang gue gak minta malah loe kasih..."
p.bengkel : "ya habisnya gue gak enak kalo cuma ngasih 1 orang doang, sedangkan loe kayaknya daritadi ngeliatin aja.."
gue cuma bisa nyengir aja ngeliat kejadian itu... gimana seorang pemilik bengkel kecil yang tiap hari ke 'tempat kerjanya' jalan kaki gak pake alas kaki sama sekali, pake baju kumel, dan mungkin pendapatan yg sangat2 pas2an masih mau berbagi sama tukang ojek yang mungkin pendapatannya lebih gede dari dia...
honestly, gue aja masih sering perhitungan buat ngelakuin hal semacam itu... kadang masih gak ikhlas... bahkan kalo nyokap nyuruh gue di rumah, gue suka kesel karena koq kayaknya gue mlulu yang disuruh2 padahal kalo ada abang gue dia kayaknya gak pernah disuruh2 tuh... walopun gue tetep ngelakuin yang nyokap suruh, mulut gue biasanya masih suka ngedumel.. :P
kebayang gak sih, seandainya semua rakyat Indonesia (ato bahkan penduduk dunia) bisa saling berbagi seperti pemilik bengkel dan tukang ojek tadi, mungkin gak ada yang ngiri2... gak ada perselisihan karena semua orang 'merasakan' hasilnya...
so, how 'bout you guys ?? have you shared with others ??

No comments: