Monday, September 29, 2003

Hak dan Kewajiban Anak


ada kalanya kita nemuin suatu kasus dimana ada seorang anak yang curhat ke temennya, katanya dia lagi rada sewot ama orang tuanya.
pasalnya sang anak ngerasa kalo si orang tua terlalu mengendalikan dia, dan bahkan semua anak2nya.

contoh, si Inu (anggap aja namanya gitu, dan gak pake -L di belakangnya :p), waktu pingin milih SMA, orang tua udeh jauh2 hari nyuruh Inu untuk masuk suatu sekolah tertentu (biasanya sekolah itu adalah sekolah almamater orang tuanya), padahal Inu maunya sekolah di tempat di mana temen2nya pada masuk. jadi intinya dia tetap mau barengan temen2nya.
tapi, karena Inu ngeliat itu sekolah kebetulan sekolah yang bagus, akhirnya Inu-pun setuju untuk masuk sekolah itu.

contoh lain, ada anak yang kesel sama orang tuanya,let say, Ajeng. gara2nya dia dilarang pacaran sama si Dodi, misalnya, yang emang bukan keturunan bangsawan kayak keluarganya Ajeng, bukan seleb, pengangguran, gak ganteng, rambutnya brekele, item lagi (loe banget yah, Dod ?? hihihi.. :p).
alasan orang tuanya klasik aja, "liat bibit, bebet, bobotnya dong..." (pdhl yang keliatan kan cuma bobotnya aja yang lumayan tambun... :p)
Ajeng keselnya bukan main karena dia sendiri merasa cocok2 aja sama pacarnya itu. kemudian, dia mogok ngomong sama orang tuanya, bahkan sampe berhari2 gak ngomong.

another case, si Ujo yang dilarang sama orang tuanya kalo dia kerja jadi pelawak. alasannya sih, "pelawak kan gak punya dana pensiun, gak dapet bonus tahunan.. coba kalo masuk jadi pegawe negeri, dapet uang pensiun, bonus tahunan, THR, segala macem tunjangan, trus lagi bisa ada jenjang karirnya. kayaknya blom pernah ada deh berita yang bilang tentang kenaikan pangkat seorang pelawak." :P
padahal Ujo enjoy tuh jadi pelawak. dia ngerasa dengan jadi pelawak dia bisa menghibur banyak orang, dia emang gak mentingin materi ato jabatan, yang penting dia bisa berguna buat banyak orang.

hehehe.. mungkin sekarang yang ada di pikiran kalian adalah, "hey, prazz, ini loe mo ngomong apa sih ??? "

intinya sih, seperti yang dikatakan seorang Tamara Blezinsky (bener gak nih nulisnya ?) di sinetron barunya Ikhlas (bakal tayang nih mulai hari ini di SCTV :D). kira2 begini kalimatnya :
... apakah kewajiban yang dimiliki seorang anak terhadap orang tuanya menjadikan ia tidak mempunyai hak untuk menentukan masa depannya sendiri ??
bahkan seekor burungpun mempunyai sayap untuk dapat terbang bebas ...


nah, sampai seberapa jauh sih kewajiban yang dimiliki seorang anak untuk tetap patuh ke orang tuanya??

No comments: