Wednesday, February 04, 2004

Berbuat baik pada orang lain


lagi iseng browsing2 forum dan liat topik ini...
jadi begini ceritanya...


apakah jaman sekarang ini orang yg berbuat baik kpd org lain, tanpa tendensi apa2 dianggap aneh?

gw tadi baru kenal ama anak, kebetulan selera musik sama. trus gw minjemin dia kaset, yg dia bilang udah susah nyarinya. Tapi logika gw kok kayaknya keberatan ya. Jangan2 ntar gak dibalikin... jangan2 ntar rusak, jangan2...

tapi perasaan gw sih bilang gak pa2, i have nothing to loose. Paling parah kan dia gak ngembaliin..

kejadian juga, gw ditolong oleh org lain, dlm pikiran gw was2... jangan2 org ini ada maksud gini...atau gitu...

padahal, sikap2 gw yg kayak gitu pasti juga krn lingkungan yg ngajari gw buat bersikap gitu...trus begitu ketemu org yg bener2 nggak tipikal lingkungan itu, kita jadi pasang "alarm" buat diri sendiri

apa kebaikan udah begitu mahal harganya?
apa ketulusan udah begitu langka?
apa setiap perbuatan harus mempunyai alasan tertentu (yg hrs ada "asas manfaat") dibaliknya?
apa kita udah jauh dari sifat yg digembor2kan milik kaum timur, yaitu tolong menolong, menghormati org lain...


sadar gak sadar kita mungkin juga ngelakuin hal yang sama... baik itu perasaan khawatir waktu kita berbuat baik maupun saat ada orang lain yang berbuat baik buat kita...
apakah sesulit itu untuk berbuat kebaikan ??
bahkan saat kita berbuat kebaikan pun ada aja orang yang salah menafsirkan kebaikan kita...

No comments: