Tuesday, February 24, 2004

tau diri = minder = lemah ???


suatu hari ada percakapan beberapa orang di kelas kuliah:
"eh, doel, loe kenapa gak mau tadi pas dicalonin jadi ketua senat?", tanya si bulbul ke doel"
"gak ah, ngapain juga jadi ketua senat... ", sahut si doel "gue tau diri lah... mana pantes gue jadi ketua senat", lanjut si doel
"lho, loe kan termasuk mahasiswa yang pinter, loe aktif di beberapa kegiatan dan gue tau kalo loe mampu...", si yuli ikutan ngomong
"ah, gila loe pada... gue gak ada apa2nya lagi... liat tuh si iis, dia lebih kompeten daripada gue", si doel ngasih alesan lagi
"lebih kompeten gimana ?? si iis ntu orangnya senga', emang sih dia pinter tapi klo ngomong gak ngenakin banget", si bulbul curhat
"bener, doel... kalo gue liat sih pendukung loe bakal lebih banyak dari pada si iis kalo loe maju jadi ketua senat", yuli ikut bicara lagi
"guys.. please deh *kyk iklan close-up* loe kan pada ngeliat gue kek gitu tapi sebenernya loe gak gitu tau aslinya gue...", si doel mulai alesan lagi
"gue tuh sebenernya gak sepinter kek yg loe kira, keliatannya aja gue tau segala hal, tapi aslinya gue cuman sok tau doang... yang paling tau gue ntu cuma gue ndiri.. dan gue nyadar kalo gue gak mampu, gue nyadar kalo gue gak kayak yang loe bilang..."


lain lagi cerita di satu sudut resto yang berisi cowok2:
"anjritt..!! tuh cewek keren banget, man...!!" kata eko sambil matanya gak lepas dari cewek yang barusan lewat
"kenalan gih, ko... kali2 aja jodoh loe... ", si ibam ngompor2in
"ah, gelo loe pade... mana mungkin gue bisa dapetin tuh cewek... liat aja tuh, udeh cakep, body oke, naiknya Audi A6 pula..!! HCM tuh cewek...!!"
"HCM paan tuh, ko ??"
"High Cost Maintenance..!! mana mungkin dia mau ama gue yang tampang buat iklan obat bonyok juga gak bakal laku... trus mo gue ajak jalan2 naek apa coba, lah gue aja nebeng loe mlulu..."
"ah, payah loe... belon juga perang loe udeh nyerah duluan..."
"bukan nyerah, tapi gue pasti tewas duluan... karena gak mungkin lah dia ngelirik gue"


kalo di kantor, obrolannya kayak gini:
"eh, ada lowongan nih.. coba kirimin gih.."
"nyang mane nih ? nyang PT. XXX ini ?? "
"ho oh.. kan perusahaan gede tuh, kali aja diterima.."
"nah lho, mana bisa diterima... lah persyaratan awal aja gue gak bakal lewat nih... mereka mintanya ipk > 3,00 lah gue pan nilainya rantai karbon, C semuah.. blon lagi yang ini, mintanya pengalaman kerja 3 taon sedangkan gue blon juga setahun lulusnya..."
"udeh cobain aja, sapa tau tuh perusahaan cuma gertak doang mintanya syarat macem2.. lagian loe kan jago..."
"huehehe.. jago paan ?? jago ngibul ?? ntu aja gue paling gak bisa... gue tau lah kemampuan gue seberapa... makanya diterima di sini aja gue udeh syukur deh..."


ps: ceritanya cuma fiktif aja... cuma sebisa mungkin nge-gambarin keadaan di mana seseorang nyadar akan dirinya sendiri...

apa bener kalo kita nyadar diri berarti kita nunjukin kelemahan kita ??
andai kita akhirnya ngikutin saran temen2 kita di atas, trus ternyata hasilnya mengecewakan, who's the one to blame ???

No comments: