Monday, May 02, 2005

Selamat Hari Pendidikan Nasional...!!!


tanggal 2 Mei, seperti biasa diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional, klo gue gak salah inget ini adalah tanggal di mana Ki Hajar Dewantara mendirikan Sekolah Taman Siswa... saat itu, pendidikan (sekolah) sangat penting buat rakyat Indonesia supaya gak terus-terusan dibodohin ama penjajah. Gimana dengan lingkungan pendidikan saat ini ?

sayangnya, lingkungan pendidikan saat ini kayaknya menurun dan cenderung buang-buang duit. liat aja anak-anak sekolah yg semaunya masuk sekolah, lebih banyak maen ato malah bolos terus, padahal orang tuanya udeh susah payah mbiayayain sekolah mereka. yg sekolah di luar negeri juga, udeh biaya lebih mahal, masih ajah cuma dipake buat pamer kekayaan, hasilnya gak ada! sekolah ke luar negeri cuma mo dapetin, what so called, kebebasan, ujung-ujungnya malah pada terlibat narkoba, having fun doang, jarang masuk kelas ato malah bisa bebas layaknya kehidupan masyarakat barat. no offense, gue gak blg semua yg sekolah di luar negeri kyk gini, tapi gak sedikit juga kasusnya persis kyk yg gue bilang.

okeh, gak usah jauh-jauh ngeliat ke luar negeri, kita liat aja di dalam negeri sendiri ini... tawuran masih sering terjadi, baik antar sekolah maupun antar universitas ato malah antar fakultas di universitas yg sama... emang sih, gak berarti yg ikut tawuran itu gak pinter, tapi mereka udeh nyoreng catatan 'kebaikan' mereka sendiri.. belakangan, liat berapa banyak kasus anak-anak sekolah yg hamil di luar nikah, kasus foto-foto syur anak-anak sekolah sampe rekaman mereka lagi bugil ato kegiatan sex mereka. seakan gak mo kalah ancur, pengajarnya juga punya catetan yg jelek. beberapa hari yg lalu, gue baca koran ada beberapa siswa sekolah yg disekap dan disiksa sama 8 guru mereka. diantara mereka ada yg dipukulin dan ditendang, 'cuma' gara-gara salah satu siswa itu ngejek gurunya liwat tulisan di buku catatannya...

Hhh... padahal masih banyak anak-anak indonesia yg mau sekolah dan mau jadi pinter... sayangnya mereka gak mampu, dan susah payah banget ampe ikutan kerja buat bantuin orang tuanya...
seperti biasa, gue juga bukan orang suci yg gak punya kesalahan, waktu kuliah gue juga sering bolos, makanya gue cuma bisa lolos kuliah, bukan lulus... :D

No comments: